histats

(Update) Cara Cek RAM Android dengan Mudah

Cara Cek RAM Android dengan Mudah - Setiap pemilik smartphone android pasti pernah kepo dan berkeinginan untuk cek RAM (Random Access Memory) di perangkat android miliknya, pada saat pertama membelinya memang sudah ada label besaran/kapasitas RAM yang tercantum di buku panduan, spesifikasi android atau bisa dilihat di kotak android kita. namun terkadang kita merasa kurang yakin dan berkeinginan untuk mengeceknya.

Cara Cek RAM Android

Perlu sobat ketahui bahwa RAM adalah salah satu komponen penunjang kecepatan perangkat android, semakin besar kapasitas RAM yang tersedia maka semakin stabil dan cepat system android tersebut beroperasi, seperti pada saat kita melakukan multi tasking, mendownload dan membuka banyak aplikasi atau untuk bermain Game. tentu android dengan RAM yang berkapasitas besar lah yang akan unggul dalam hal tersebut, yakni tidak lag saat bermain game dan membuat kinerja android kita cepat tidak lemot atau lelet sehingga kita tidak kesal saat mengoprasikan ponsel android kita.

Oke kembali ke pembahasan pokok mengenai cara cek RAM android, mengecek RAM di android sebenarnya sangat simpel dan sangat sepele, namun banyak juga yang belum tahu caranya untuk itu saya menulis tips ini agar sobat yang belum tahu caranya bisa mendapat sedikit ilmu mengenai cara cek ram di android sobat.


Cara Cek RAM Android dengan Mudah

  • Pilih menu setting pada android sobat.
  • Scroll kebawah cari menu aplikasi biasanya ditulis dengan APL atau APK lalu tap.
  • di menu aplikasi tap menu running/menjalankan. atau jika OS android sobat sudah Jelly Bean keatas, Sobat langung saja scroll ke arah kanan temukan menu Running/menjalankan.
  • Nah di menu running tersebut sobat bisa melihat Kapasitas RAM android sobat, biasanya kapsitas RAM nya diurai yaitu  RAM yang digunakan dan RAM yang bebas, tinggal sobat jumlahkan saja.
  • Sampai pada tahap tersebut berarti sobat, sudah bisa dan tahu berapa kapasitas pasti RAM android sobat.

Bonus: Cara mengoptimalakan Penggunaan RAM Android

jika sobat memiliki kendala terhadap kinerja ponsel android sobat yang semakin melambat, disinyalir Kapasitas RAM android sobat banyak termakan aplikasi, tentu hal ini sangat menjengkelkan bagi kita selaku pengguna android. jadi bagaimana caranya biar optimal dalam menggunakan RAM agar ponsel android ga lelet?

  1. Download dan install aplikasi yang bermanfaat dan dibutuhkan saja.
  2. Kurangi install aplikasi yang berukuran besar karena akan banyak memakan RAM.
  3. di menu Running/menjalankan tadi cek mana aplikasi yang banyak memakan RAM, jika aplikasi tersebut kurang manfaat dan jarang kita pakai sebaiknya segera sobat uninstall/copot pemasangan.
  4. Jangan sesekali sobat me Root android sobat karena itu salah satu faktor yang membuat kinerja android sobat melambat, bahkan jika root tidak berhasil akan beresiko Bootlop.
  5. Terakhir beli android yang memiliki kapasitas RAM yang besar agar sobat bisa leluasa mendownload, menginstall dan membuka bnyak aplikasi di android sobat.

Dengan melakukan cara di tersebut maka penggunaan RAM android akan stabil dan optimal sehingga membuat kinerja android sobat semakin melesat kencang, Berikut Artikel mengenai Cara cek RAM android, selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat. 

Hal Menarik Lainnya

0 Response to "(Update) Cara Cek RAM Android dengan Mudah"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Mbayar ^_^