histats

(Update) Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet Di Android - Semakin berkembangnya dunia internet memudahkan setiap orang untuk mengaksesnya dimana mana baik itu menggunakan ponsel pintar ataupun menggunakan komputer, Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, yaitu kebutuhan akan informasi dan ilmu pengetahuan didalamanya, nah untuk mengakses internet tentunya perlu menggunakan kuota data internet, saat ini banyak provider yang menyediakan layanan kuota internet yang mudah kita dapatkan di konter konter terdekat.


Namun dalam penggunaan kuota internet terkadang kita terkendala terhadap kuota internet yang cepat habis atau boros pemakaian sehingga menambah pengeluaran kita untuk membeli kuota internet, jika kita tidak bisa memerintahkan provider untuk menghemat kuota internet kita apalah daya kita sebagai konsumen biasa, namun ada upaya yang dapat kita lakukanagar kuota internet kita hemat dan tidak cepat habis, untuk itu ada baiknya kita lakukan tips cara berikut. untuk itu saya akan memberikan sedikit tips cara menghemat kuota internet di android sobat.


Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android

1. Gunakan Browser Yang Memiliki Fitur Penghemat Kuota Data Internet

Dalam hal ini menurut saya browser yang ringan dan memiliki fitur penghemat kuota data internet di android adalah Chrome. silahkan download di playstore dan gunakan browser tersebut.

2. Gunakan fitur Chrome “Data Saver” untuk browsing

Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

3. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

4. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)

Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data internet di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

6. Identifikasi aplikasi yang banyak menyedot kuota data internet

Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak  kuota data internet. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot kuota data internet, sobat bisa masuk ke menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

7. Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi

Opsi Android Data Usage bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. sobat bisa mengaksesnya melalui menu setting di aplikasi tersebut. Contohnya Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

8. Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi

Jika sobat menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP sobat akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di dalamnya. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota internet yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota internet sobat. Untuk mengatasi masalah ini, sobat bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP sobat terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya sobat bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Berikut hal hal yang bisa coba sobat lakukan untuk menyiasati agar kuota internet android sobat bisa di minimalisir dan sedikit hemat tentunya. selamat mencoba.
Tags Cara menghemat kuota data internet android, cara menghemat kuota internet di hp samrtphone android, cara agar kuota internet hemat dan tidak cepat habis.

Hal Menarik Lainnya

0 Response to "(Update) Cara Menghemat Kuota Internet di Android "

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Mbayar ^_^