8 Aplikasi yang Cocok untuk Menemani Puasa Ramadhan

Baca Juga:

Aplikasi Android Untuk Menemani Puasa Ramadhan - Menjalani ibadah puasa di era digital sekarang ini banyak kemudahan yang dapat kita manfaatkan, Salah satunya adalah kita bisa memanfaatkan aplikasi aplikasi pada gadget kita, Mulai dari panduan puasa Ramadhan, jadwal imsyak dan sholat, evaluasi ibadah, dan banyak lagi.

Tentu dengan hadirnya aplikasi aplikasi tersebut kita dapat memahami arti dari puasa itu sendiri, mengetahui jadwal solat, jadwal imsakiyah dan masih banyak lagi manfaatnya, intinya adalah kita sekarang dipermudah mengetahui informasi seputar ibadah di bulan ramdhan, dengan adanya aplikasi tersebut, pokoknya nambah keren deh jika kita ditemani aplikasi ini berikut aplikasi aplikasi nya.

1. Panduan Puasa Ramadhan 


Hal pertama yang perlu Anda pahami sebelum memasuki bulan Ramadhan adalah ilmu seputar puasa Ramadhan, Aplikasi Panduan Ramadhan berupa e-book berisi 117 halaman ini membahas tuntas seputar ibadah di bulan Ramadhan mulai dari keutamaan puasa, sholat tarawih, zakat fithri, shalat ‘ied, bahkan hingga tips mudik penuh berkah.

2. Jadwal Imsakiyah Ramadhan


Anda akan mengawali puasa Ramadhan dengan sebuah aktivitas baru yaitu makan sahur sebelum waktu sholat Shubuh tiba. Tetapi, dalam ibadah makan sahur, terdapat rentang waktu selama 10 menit yang mengisyaratkan Anda untuk sebaiknya berhenti makan sebelum waktu Shubuh berkumandang yang disebut waktu imsak. Untuk memastikan kapan sebaiknya Anda berhenti makan sahur, aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan ini bisa menjadi referensi.

Jadwal ini meliputi waktu imsak di seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke, bahkan termasuk Makkah dan Madinah. Selain jadwal imsak, Anda juga bisa menemukan jadwal shalat wajib lima waktu sehari dimanapun Anda tengah berada. Jadwal Imsak ini berdasarkan kriteria jadwal shalat Kementrian Agama Republik Indonesia.

3. Evaluasi Ibadah


Setelah sahur, Anda tentu sudah siap melaksanakan serangkaian ibadah baik yang wajib maupun sunnah dari pagi hingga menjelang tidur. Aplikasi Evaluasi Ibadah memudahkan Anda untuk memantau apa sajakah ibadah yang telah Anda laksanakan seharian mulai dari berapa kali Anda shalat tepat waktu, berapa halaman Al-Quran yang sudah Anda baca, hingga memastikan apakah Anda hari itu sudah sedekah atau belum.

Aplikasi ini semakin menarik, karena Anda bisa melihat pencapaian riwayat ibadah Anda dalam bentuk statistik secara harian, mingguan, atau bulanan. Sekiranya Anda merasa bahwa masih ada ibadah yang belum tersedia, Anda bahkan bisa menambahkannya tersendiri.

4. Muslim Pro


Dibandingkan beberapa aplikasi sebelumnya, Muslim Pro memang terbilang lebih lengkap yang menyediakan jadwal sholat, penunjuk arah kiblat sholat, Al-Qur’an digital, tempat berbuka puasa halal terdekat, hingga penunjuk dimanakah mesjid terdekat. Muslim Pro juga menyediakan versi premium untuk menghilangkan iklan yang bermunculan.

5. Kalkulator Zakat


Salah satu ibadah puncak sebelum melaksanakan sholat ‘Ied sebagai penutup bulan Ramadhan yaitu membayar uang zakat. Kewajiban membayar uang zakat ini berlaku bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan tetap bulanan dan/atau yang sudah memiliki bisnis sendiri. Aplikasi Kalkulator Zakat bisa memudahkan Anda dalam menghitung berapakah kewajiban zakat yang harus Anda keluarkan tiap tahunnya.


6. Buka Dimana


BukaDimana adalah aplikasi penunjuk tempat buka puasa yang paling dekat dari posisi kamu sekarang – di aplikasi ini kamu bisa temukan restoran dan tempat makan untuk buka puasa. Temukan berbagai macam Resto, Cafe, Warung dan tempat nongkrong asik lainnya di aplikasi ini – juga ada informasi jadwal buka puasa jadi bisa bikin kamu nggak akan ketinggalan buka puasa

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan API dari Urbanesia – layanan city directory dengan lebih dari 220.000 bisnis di Jakarta dan Indonesia. BukaDimana dapat digunakan dimana saja Urbanesia berada

7. Ainun


Aplikasi ini dikembangkan oleh developer asal Indonesia yaitu Weirdsgn dan Dihardja Software Solutions. Ainun sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti mata, pengembang berharap melalui aplikasi Ainun ini, para pengguna bisa menggunakan Ainun sebagai tools untuk berbagi momen dari kacamata seorang Muslim.

Ainun meletakkan sebuah template khusus yang berisi kaligrafi, perkiraan cuaca, gambar penandaan lokasi, waktu, 10 filter foto serta kalimat inspirasional pada foto Anda. Nah, luar biasanya lagi, Anda bisa melakukan share desain Anda di akun media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan Google+.

8. Athan

Athan didesain agar Anda mendapatkan waktu solat yang paling akurat, sehingga dimanapun dan kapanpun Anda tahu waktu solat yang pasti. Athan App akan membantu Anda menerapkan kedisiplinan beribadah ditengah kesibukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Anda akan mendapatkan penghargaan (badge) dari aplikasi ini apabila Anda berhasil meningkatkan skor kedisiplinan ibadah Anda. Ditambah lagi Anda dapat menemukan masjid terdekat dari tempat Anda berada.
Berikut adalah 8 aplikasi yang cocok untuk menemani ibadah puasa di bulan ramadhan, tentu dengan adanya aplikasi ini, kita bisa menambah wawasan pengetahuan tentang bulan ramdhan yang penuh berkah, oke sekian dan terima kasih semoga bermanfaat salam.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

0 Response to "8 Aplikasi yang Cocok untuk Menemani Puasa Ramadhan"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^_^