4 Cara Mudah Mengatasi Signal yang Tiba-Tiba Hilang di Android

Baca Juga:

Cara Mengatasi Signal dan Jaringan yang Tiba-tiba Hilang - Halo sobat droid tercinta dimanapun kamu berada, kali ini mimin mau share postingan mengenai cara mengatasi sinyal dan jaringan di HP Android yang tiba-tiba hilang nih, simak artikel ini sampai akhir.

Cara Mengatasi Signal yang Tiba-tiba Hilang

Hal yang sangat kita sesali dan tentunya bikin kesal adalah ketika signal bar pada smartphone android kita hilang, otomatis ketika signal bar hilang koneksi dan jaringan internet pun akan terputus, hal ini tentunya berimbas pada aplikasi atau game online yang sedang kita buka,

Aplikasi atau Game akan putus koneksi akibatnya kegiatan pemanfaatan aplikasi dan bermain game pun terganggu, apalagi kalo lagi main Clash of Clans dan kebetulan lagi WAR malah lost koneksi kan bikin sebel, udah banyak yang ngalamin nih yang kaya ginian, lagi WAR malah jaringan terputus.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tiba tiba hilangnya bar Signal ponsel Android, beberapa diantaranya adalah karena kondisi cuaca yang menyebabkan gangguan pada jaringan, Hp Android yang terlalu panas atau didaerah kamu memang signal operator yang kamu pakai belum stabil signalnya.

Tapi kamu jangan khawatir jika signal bar di Ponsel Android kamu menghilang secara tiba-tiba, karena bisa jadi itu bukan kerusakan pada android melainkan hanya gangguan sementara, kamu bisa memulihkannya kembali dengan menerapkan salah satu dari 4 cara berikut.

Cara Mengatasi Signal yang Tiba-tiba Hilang di Android

#1. Aktifkan Mode Penerbangan (Mode Pesawat)

Langkah pertama dalam mengatasi sinyal yang hilang di android adalah masuk ke mode penerbangan selama beberapa menit, hal ini bertujuan untuk merestart jaringan smartphone anda dalam penerimaaan sinyal, tanda jika kamu sudah masuk ke mode AirPlane adalah hilangnya icon bar signal dan diganti dengan icon pesawat terbang, untuk cara masuk ke mode penerbangan saya pikir kamu sudah mengetahuinya.

#2. Periksa Kartu SIM

Cara kedua yaitu Cobalah non-aktifkan smartphone Android kamu kemudian periksa apakah kartu SIM terpasang pada posisi yang pas dan benar, jika miring atau tidak sesuai dengan dudukan bisa jadi itulah penyebabnya, di samping itu me-nonaktifkan smartphone selama beberapa detik dan melepas kartu SIM juga bisa merefresh ulang jaringan.

#3. Mengganti Mode Penerimaan Jaringan

Ponsel Smartphone saat ini kebanyakan telah di lengkapi dengan 3 jenis signal diantaranya 2G, 3G, dan 4G LTE. 2G mampu bekerja pada kekuatan signal antara (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal antara (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.

Jika signalal di daerah kamu hanya mendukung sinyal 850, 1800, dan 1900 MHz saja jadi tidak heran kalo jaringan dan signal di ponsel android kamu akan hilang karena menggunakan jaringan 3G yang tidak di dukung di daerah kamu.

Untuk menggantinya cukup masuk ke Settings => Wireless & Networks => Mobile Networks => Network Mode dan sekarang anda bisa melihat pengaturan penerimaan signal anda apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Preferred.

Sebaiknya pilih GSM only atau WCDMA prefered saja karena mungkin di derah anda sinyal WCDMA atau HSDPA belum di dukung sepenuhnya, selengkapnya mengenai cara ke 3 ini kamu bisa melihat artikel lengkapnya disini

4. Lakukan Factory Reset

Cara ke 4 ini adalah langkah terakhir jika kamu sudah mencoba berbagai cara mengatasi signal mendadak hilang di android, tetapi ini juga terdengar mengerikan bukan? maka dari itu sebelum kamu melakukan Factory Reset sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.

Untuk melakukan Hard Reset masuk ke menu Settings => Backup & Reset => Factory Data Reset tetapi sebelumnya kamu musti mem-back up data terlebih dahulu data seperti foto, video, kontak dan file penting lainya, selengkapnya mengenai cara Factory Reset berbagai Merk Android lihat disini.

Sebenarnya permasalahan hilangnya bar signal secara tiba tiba di android merupakan masalah yang susah susah gampang, jika masalahnya berasal dari operatornya itu tidak masalah, tapi jika masalah hilangnya signal karena ada hardware ponsel yang rusak maka kamu musti membawanya ke konter service HP terdeket.
baca juga Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci Layar di Android
Berikut adalah 4 tips sedarhana cara mengatasi masalah hilangnya jaringan atau signal secara tiba tiba di android, semoga dengan menerapakan salah satu dari ke 4 langkah diatas, kamu bisa mengatasi signal HP android kamu yang mendadak hilang.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

0 Response to "4 Cara Mudah Mengatasi Signal yang Tiba-Tiba Hilang di Android"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^_^