(Update) Cara Mudah Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Baca Juga:

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru - Halo sobat droid tercinta dimanapun kamu berada, kali ini saya akan membagikan postingan mengenai cara upgrade OS Android ke versi terbaru atau versi terakhir pada Sebuah Smartphone android nih, yuk simak artikel berikut ini.

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi smartphone yang beredar saat ini mayoritas didominasi oleh Sistem Operasi Android, sehingga OS Android menjadi Sistem Operasi Smartphone nomor satu di Dunia karena diterapakan pada berbagai merek smartphone ternama, mengalahkan sistem operasi lainnya seperti iOS dan Windows Phone.

Hal ini tentu menjadi pencapaian yang fantastis bagi pengembang System Operasi Android itu sendiri yakni Google.inc, faktor penyebab menjamurnya penggunaan Sistem Operasi android beberapa diantaranya adalah karena user-interface yang sederhana namun elegan dan user-experience yang memberikan pengalaman baik bagi pengguna.
baca juga Merk Power Bank Terbaik dan Paling Bagus Tahun ini
Selain itu System Operasi Android juga Open-source yakni memberikan keleluasaan bagi setiap orang untuk mengembangkan OS Android, oh iya jika kamu belum paham mengenai apa itu Sistem Operasi Smartphone, saya akan menjelaskannya sedikit, jadi OS pada sebuah perangkat smartphone merupakan tampilan antarmuka yang meliputi berbagai fungsi didalamnya.

System Operasi (Android, iOS dan Windows Phone) sama halnya seperti OS pada sebuah perangkat Komputer yang biasa kita temui yakni OS Windows, Linux, Macintos dll, dari masing masing OS memiliki kekurangan dan kelebihan, jika di analogikan OS Android memiliki kesamaan dengan OS Linux karena bersifat Open-Source dan iOS sama hal nya seperti WIndows yang tidak membolehkan para penggunanya untuk mengembangkannya.
baca juga Cara Mengembalikan File, Foto yang Terhapus di Android
Kembali ke bahasan pokok mengenai cara upgrade OS Android ke versi terbaru, ya tidak bisa dipungkiri setiap pengguna Ponsel Android tentunya selalu ingin yang terbaik untuk ponsel androidnya, salah satunya adalah menginginkan OS Android versi terbaru dan ingin segera memperbaruinya.

OS Android memiliki banyak versi seperti Android Gingerbread, Android Ice Cream Sandwich, Android KitKat, Android Lolipop, Android Marsmellow dan android versi terkahir yakni Android Nougat, semua versi android tersebut bisa dipasang pada perangkat smartphone dengan catatan memenuhi syarat spesifikasi android itu sendiri.

Cara Mudah Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Sebenarnya untuk mengupgrade OS Android ke versi terbaru mudah saja, karena di smartphone Android saat ini sudah tersedia fitur auto update yang dapat dengan mudah kamu akses, tinggal sekali dua kali klik kamu langsung dapat mengupdate OS Android kamu ke versi terbaru, namun meski begitu tidak semua smartphone mendapatkan update OS terbaru.

Cara mengetahui adanya pembaruan OS atau tidak pada smartphone kamu adalah kamau tinggal masuk ke Menu Setting → About phone → Pilih Pembaruan Sistem → dan klik Periksa Pembaruan.


Jika pembaruan OS tersedia, maka kamu akan diperintahkan mendownload file OS Android terbaru tersebut, kemudian install di android kamu, namun jika ternyata setelah cek pembaruan hasilnya tidak ada pembaruan, berarti smartphone kamu tidak diberikan upgrade OS terbaru karena mungkin belum memenuhi syarat spesifikasi.

Nah jika ternyata kenyataannya memang smartphone kamu tidak mendapatkan update OS terbaru, ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan untuk mengupgrade smartphone kamu ke OS terbaru, yakni dengan melakukan Custom ROM Smartphone.

Custom ROM Gimana Maksudnya?


Custom ROM sama halnya seperti update sistem seperti biasa, tapi update sistem ini tidak resmi dari Google selaku developer Android, melainkan dari orang orang yang suka meng-oprek android, Mereka selalu berkreasi untuk menciptakan Custom ROM bagi pengguna android yang tidak mendapatkan update sistem resmi dari google.

Kamu Bisa Menemukan Custom ROM untuk Android di:

  • Forum XDA Developers
  • Atau cari di Google Search dengan kata kunci "Custom Rom (Merk android yang kamu pakai saat ini)"
  • Kemudian kamu tinggal cari custom ROM yang cocok untuk android kamu.

Dengan melakukan Custom ROM meskipun smartphone android kamu sudah tua, kamu tetap bisa mencicipi android versi terbaru yang baru di rilis, Gunakan cara upgrade OS android yang terakhir ini sebagai solusi jika android sobat tidak mendapatkan update sistem resmi dari google, sekian dan terima kasih semoga membantu.

0 Response to "(Update) Cara Mudah Upgrade OS Android ke Versi Terbaru"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^_^