5 Dampak Negatif Bermain HP Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Baca Juga:

Dampak Negatif Bermain HP Sebelum Tidur - Banyak gak di antara kalian yang gak pernah luput mantengin smartphone bahkan hingga waktu sebelum menjelang waktu tidur? Hal ini gak baik lho, Masalahnya cahaya biru yang dipancarkan smartphone sebenarnya berguna untuk membuat pengguna bisa ngelihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Dampak Negatif Bermain HP Sebelum Tidur

Sebaliknya, dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru gak baik buat kesehatan. Parahnya lagi malah berbahaya bagi tubuh kalian. Maka dari itu, hindari bermain HP sebelum tidur ya.

Mau tahu apa aja bahayanya? Berikut 5 dampak negatif yang bisa timbul akibat bermain HP sebelum tidur ya, Gang.

Dampak Negatif Bermain HP Sebelum Tidur 

1. Kelelahan Otak


Main HP seringnya bikin kalian lupa waktu dan ngelewatin jam tidur kan? Hayo ngaku aja deh.

Otak kalian bakalan lelah. Di hari berikutnya kalian bakal kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur dan otak yang masih lelah untuk beraktivitas. Mulai sekarang jangan dibiasain ya.

2. Kerusakan Mata


Kerusakan mata adalah dampak yang cukup sering terjadi lho. Kelamaan menatap layar smartphone dan terpapar cahaya biru dari smartphone bakalan bikin retina mata jadi tegang.

Beberapa peneliti bahkan menyebutkan, terlalu lama dengan kebiasaan tersebut bisa menyebabkan katarak. Tuh.. serem kan!

3. Obesitas


Kurang tidur juga bikin hormon lain yang ngendaliin rasa lapar jadi terganggu. Semakin sering terjaga hingga larut malam, maka hormon tersebut bakal terus-terusan ngasih sinyal agar kalian nambah energi dengan cara rasa lapar.

Seringkali makan larut malam bakal berujung pada resiko obesitas lho.

4. Gangguan Saraf


Kebiasaan pake smartphone sebelum tidur, hingga kalian kurang tidur bakal bikin neurotoxin meningkat lho.

Ujung-ujungnya, kalian sulit tidur dengan nyenyak alias tidur berkualitas. Bahayanya udah pasti bisa berakibat ke penyakit serius lainnya..

5. Depresi


Nah, yang terakhir ini juga gak kalah nyeremin. Depresi. Seperti kita ketahui, melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh buat memberikan tidur nyenyak pada tubuh kan.

Tapi kalo melatonin udah terganggu, otomatis bakal bikin kalian jadi kurang tidur. Trus kalo udah sering kurang tidur, gak menutup kemungkinan bisa menyebabkan depresi.


Nah, itu dia 5 dampak negatif yang bisa timbul akibat bermain HP sebelum tidur yang dikutip dari TechInsider.

Pada waktu malam, otak siap beristirahat dan memproduksi melatonin. Tapi dengan adanya cahaya yang ditangkap mata, otak jadi bingung dan berhenti memproduksi melatonin.

Makanya mulai sekarang hindari bermain HP sebelum tidur ya. Langsung matikan atau jauhkan HP dari jangkauan tangan kalian dan dari kasur ya.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

0 Response to "5 Dampak Negatif Bermain HP Sebelum Tidur Bagi Kesehatan"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^_^