Awas, Resiko Terlambat Ganti Sikat Gigi Bisa Merusak Gigi Selamanya!

Baca Juga:

Kesehatan gigi bisa ditunjang dengan kondisi sikat gigi yang masih baik. Salah satu caranya adalah rutin mengganti sikat gigi pada waktu yang tepat. Menggunakan sikat gigi dalam kondisi rusak, tanpa sadar telah merusak gigi kita sendiri dalam jangka panjang.


Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kapan waktu yang terbaik mengganti sikat gigi sesuai rekomendasi para ahli kesehatan gigi dan mulut.

1. 3 Bulan Adalah Masa Pakai Sebuah Sikat Gigi

Untuk anda yang masih pakai sikat gigi lebih dari 3 bulan sepertinya harus segera membeli yang baru. Ini karena pabrik sikat gigi memang mendesain sebuah sikat gigi hanya sampai masa pakai 3-4 bulan saja. Lebih dari itu sebaiknya jangan terus dipakai, meski bulu sikatnya masih bagus, bisa jadi umur sikat yang lebih dari 3-4 bulan sudah diragukan higienitasnya. Yang demikian bisa menjadikan pemakainya mengalami keluhan seperti sakit gigi.

2. Gantilah Sebelum Bulu Sikat Berubah Bentuk

Sikat gigi yang lama dipakai bisa berubah bentuk. Seperti mekar pada beberapa bagian atau lepas. Yang demikian adalah tanda untuk waktunya menganti dengan yang baru, jangan sampai tunggu muncul masalah keluhan pada kesehatan gigi akibat bentuk bulu sikat yang tak lagi sesuai.

3. Pakailah Sikat Gigi Dengan Standar Bulu Sikat Yang Sesuai Usia

Produsen sikat gigi sebenarnya sudah mencantumkan standar untuk tekstur bulu sikatnya. Tentu saja disesuaikan dengan usia pemakainya. Beberapa tercantum pula di bagian kemasan, karena itu pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anda.

Dengan memperhatikan standar bulu sikatnya harapannya tentu saja tidak akan muncul keluhan akan gangguan kesehatan gigi dan mulut. Gigi yang sehat terawat memberi dampak yang banyak salah satunya tentu saja menunjang penampilah selain alasan utama adalah karena kesehatan tentunya.
Sikat gigi merupakan tindakan preventif untuk mencegah agar gigi kita sehat. Diluar itu, kita tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait tindakan perawatan tersebut apakah sudah benar atau perlu perbaikan lagi setidaknya 6 bulan sekali.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Awas, Resiko Terlambat Ganti Sikat Gigi Bisa Merusak Gigi Selamanya!"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^