5 Fakta yang Harus Diketahui Oleh Semua Wanita Tentang Ovarium

Baca Juga:

Umumnya tidak banyak wanita yang repot-repot memikirkan mengenai bagaimana keadaan ovariumnya kecuali ketika ia ingin hamil. Meskipun begitu, tahukah kamu bahwa ternyata ovarium berperan sangat penting dalam tubuh dan bahkan bisa dikatakan bahwa ovarium masuk kedalam organ tubuh yang paling penting sama halnya dengan jantung.


Berikut fakta-fakta penting mengenai ovarium yang perlu diketahui agar kamu sadar seberapa pentingnya ovarium itu.

1. Memproduksi Banyak Hormon

Tentunya kamu tahu bahwa ovarium memproduksi esterogen dan progesteron, dua hormon ini berperan sangat vital terutama pada saat masa puber dimana payudara mulai tumbuh, menstruasi dan pinggul yang mulai melebar. Tidak berhenti disitu saja, dua hormon penting ini juga mempersiapkan uterus untuk masa kehamilan sehingga nantinya kamu tidak mengalami kesulitan hamil.

2. Ukurannya Berubah


Tidak seperti organ tubuh yang lain yang umumnya statis, ovarium sering berubah ukuran disaat menstruasi sepanjang hidupmu. Setiap bulannya ovarium akan mengalami fluktuasi karena melepaskan indung telur yang tidak dibuahi.

3. Bisa Stress


Ovulasi banyak dipengaruhi oleh stress, ketika tubuh dibawah tekanan yang sulit seperti misalnya saat akan masuk kuliah, penambahan berat badan yang pesat ataupun juga sebaliknya. Pada saat ini ovarium akan ikut stress dan berhenti mengeluarkan indung telur yang tidak dibuahi. Itu lah cara ovarium untuk mencegah kehamilan ketika tubuh sedang stress dan tidak bisa menerimanya.

4. Dibalik Munculnya Jerawat

Selain memproduksi esterogen dan progesteron, ovarium juga berfungsi sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh, sehingga bukan tidak mungkin ovarium ada dibalik beberapa masalah dalam tubuh. Jerawat dan masalah lain bisa muncul jika ovarium tidak berhasil menjalankan tugasnya untuk menyeimbangkan hormon. Namun kamu tidak perlu khawatir karena di era modern ini sudah ada obat yang bisa digunakan untuk menormalkan kembali ovarium, tentunya harus dengan ijin dan resep dokter ya.

5. Mereka Suka Pil


Jika kamu berfikir bahwa pil kb hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan, maka kamu salah besar karena pil kb memiliki manfaat lain yaitu untuk mencegah resiko terkena kanker ovarium bahkan jika kamu baru beberapa bulan memakainya, hal ini sesuai dengan apa yang diteliti oleh American Cancer Society. Lebih hebatnya lagi, pil kb itu bisa juga meminimalisir resiko kanker bagi mereka yang sudah menjadi pembawa gen BRCA1 atau BRCA2 yang sudah bermutasi.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "5 Fakta yang Harus Diketahui Oleh Semua Wanita Tentang Ovarium"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^