Cara Install Aplikasi dan Game Android di SD Card

Baca Juga:

Cara Install Aplikasi Android di SD Card – Smartphone android belakangan menjadi trend. Harga yang relatif murah menjadikan android bisa dimiliki oleh semua kalangan. Meskipun setiap smartphone android memiliki kapasitas yang berbeda, terutama untuk ruang penyimpannya. Banyak yang mensiasati menggunakan memori eksternal atau SD Card. Tentu anda akan membutuhkan bagaimana cara install aplikasi android di SD Card untuk menghemat ruang penyimpanan internal anda.


SD Card sangat membantu kinerja smartphone dalam penyimpanannya. Sebab, jika anda menginstall terlalu banyak aplikasi di memori internal maka smartphone anda akan memiliki kinerja lebih berat. Akibatnya, smartphone akan lambat dan beberapa aplikasi tidak bisa anda jalankan. Melalui cara ini, anda bisa mengalihkan penyimpanannya di SD Card.


Cara Install Aplikasi Android di SD Card Secara Otomatis


Cara ini akan menjadi solusi bagi anda yang memiliki kapasitas memori Internal berukuran kecil. Agar Android bisa menginstall aplikasi secara otomatis langsung di SD Card anda, ikuti langkah – langkah di bawah ini.
  • Buka pengaturan di android anda.
  • Pilih aplikasi dan tap kanan opsi di smartphone anda.
  • Pilih lokasi pemasangan yang sesuai dan anda kehendaki.
  • Pilih menu “kartu SD yang dapat dicopot”
  • Tunggu ketika pengaturan berubah.

Menu tersebut akan membuat secara otomatis aplikasi yang anda install berada di memori eksternal anda. Ketika anda menginstall dari google play store, anda akan mendapatinya di SD Card. Cara ini cocok jika anda tidak ingin penyimpanan anda berubah – ubah.

Cara Install Aplikasi Android di SD Card Menggunakan Apk


Jika anda ingin menginstall aplikasi dengan format apk pada memori eksternal anda, maka anda tetap bisa melakukannya. Bahkan cara ini tergolong mudah dan cepat. Ketika anda akann menginstall, pastikan anda sudah memberi izin aksesibility agar android menerima aplikasi daru yang tidak dipercaya. Caranya :
  • Buka aplikasi berformat Apk yang akan anda install. Pilih menu “pasang”
  • Pilih kartu SD untuk tempat pemasangan.
  • Ketik OK

Cara Install Aplikasi Android di SD Card Menggunakan Link2SD


Melalui aplikasi Link2SD, anda bukan hanya bisa menginstall aplikasi di SD Card, tetapi juga memindahkan semua aplikasi ke memry eksternal. Pastikan SD Card anda sudah di partisi. Jika belum, anda bisa membuat partisi dengan minitool partition.
  • Download aplikasi Link2SD melalui google playstore.
  • Install aplikasi link2SD di smartphone anda. 
  • Buka aplikasi Link2SD tersebut. Kemudian klik pada "titik tiga" yang ada di sudut kanan atas aplikasi.
  • Pilih menu pengaturan. Nantinya akan ada opsi Otomatis Link-kan dan pilih ceklist.
  • Dengan anda ceklist opsi tersebut, secara otomatis aplikasi yang anda install akan ter-link ke Kartu SD.
  • Anda bisa juga mengatur lokasi install. Setiap aplikasi yang akan anda install nanti akan otomatis terpasang di SD Card. Lokasi install ada tiga pilihan yakni otomatis, internal dan luar. Pilih opsi terakhir jika anda ingin menginstall aplikasi di kartu memori.

Smartphone android anda tidak akan memiliki kinerja cukup berat jika anda mensiasatinya dengan baik. Lakukan cara install aplikasi android di SD Card anda agar anda lebih leluasa memilih dan menginstall aplikasi yang menarik. Jangan lupa untuk menyesuaikan kapasitas SD Card dengan size aplikasi yang anda pilih.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Cara Install Aplikasi dan Game Android di SD Card"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^