Cara Install Software atau Aplikasi di OS Ubuntu

Baca Juga:

Cara Install Aplikasi di Ubuntu – Bagi anda para penggemar berbagai macam software untuk bekerja, pasti mengetahui adanya penginstalan aplikasi di windows dan ubuntu. Memang, untuk program linux dalam menginstal aplikasi terbilang gampang – gampang susah. Jika di windows anda hanya perlu double klick di aplikasinya, maka cara install aplikasi di Ubuntu berbeda.


Ubuntu memiliki cara install aplikasi dengan 2 cara. Pertama ada yang harus terhubung dengan internet. Ada pula yang offline namun anda harus memiliki file installer yang berekstensi *.deb. Kendalanya, file dengan ekstensi tersebut cenderung sedikit.

Cara Install Aplikasi di Ubuntu Secara Online

Seperti namanya, dengan cara ini anda harus memiliki koneksi internet. Cenderung mudah dan lebih cepat. Selain itu aplikasi yang tersedia juga dirasa lebih lengkap. Sebelum menginstall, pastikan terlebih dahulu anda mengatur repositori ke lokal Indonesia. Hal ini agar koneksinya lebih cepat. Langkah ke repositori :

1. Buka Ubuntu Software Center. Jika sudah, maka klik menu edit, kemudian pilih software sources.


2. Pilih other di bagian download from. Setelah itu pilih salah satu server repositori dari Indonesia. Misalnya kambing.ui.ac.id. Nantinya banyak pilihan yang tersedia. Pastikan memilih server dari Indonesia.
3. Jika telah anda pilih, klik tombol close.
4. Untuk update repositori, anda bisa membuka terminal. Ketik Sudo Apt-get Update dan tekan enter. Masukkan password Ubuntu anda dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya berjalan dan selesai.


5. Jika sudah, anda tinggal memilih aplikasi yang akan diinstall.

Menggunakan Terminal

Cara install aplikasi di Ubuntu selanjutnya bisa juga dengan menggunakan terminal. Cara ini menjadi alternatif jika cara sebelumnya menurut anda tergolong susah. Namun yang perlu anda perhatikan adalah anda harus tahu pasti nama aplikasi yang akan diinstall. Caranya seperti berikut :
  • Buka terlebih dahulu terminal dengan CTRL+Alt+T kemudian ketik sudo apt-get dan install nama aplikasinya. 
  • Selanjutnya, anda bisa menunggu beberapa saat sampai proses intalasinya selesai.

Dengan menggunakan cara terminal ini memang langkahnya tidak banyak dan cenderung mempermudah anda.

Cara Install Aplikasi di Ubuntu Menggunakan Ubuntu Software Center


Cara selanjutnya bisa dibilang akan lebih mudah jika dibandingan dengan dua cara sebelumnya. Dengan Terminal anda bisa mencara dan memilih aplikasi secara langsung. Caranya seperti :

1. Buka Ubuntu Software Center dan pilih aplikasi yang akan anda install. Lihat di menu kategori di bagian samping kiri.
2. Jika sudah anda pilih, install aplikasi tersebut dengan mengklik tombol install.


3. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai dengan proses penginstalannya.


Cara Install Aplikasi di Ubuntu Secara Offline

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa menginsall aplikasi di ubuntu ada 2 cara. Jika yang pertama tadi adalah secara online, maka selanjutnya dengan cara offline. Memang kesulitannya adalah mencari installer program *.deb.

1. Jika anda sudah memiliki program installer tersebut, double klik file *.deb.


2. Klik tombol install dan masukkan password jika dibutuhkan dan anda tinggal menunggu prosesnya selesai.
3. Yang perlu anda ketahui, proses offline ini tidak membutuhkan pengaturan repositori seperti pada pilihan sebelumnya.

Cara install aplikasi di OS Ubuntu memang beragam. Sesuaikan mana yang anda butuhkan dan mempermudah anda. Jika anda masih mengalami kesulitan, pastikan langkah – langkah diatas telah anda lakukan dengan benar. Sebab satu langkah terlewat, penginstalan aplikasi anda tidak bisa dilakukan.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Cara Install Software atau Aplikasi di OS Ubuntu"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^