Cara Install Software atau Aplikasi di OS Linux

Baca Juga:

Cara Install Aplikasi di Linux – Seperti yang anda ketahui bahwa kebutuhan dan pilihan tiap orang dalam memakai software pasti berbeda. Ada yang memilih menggunakan windows seperti kebanyakan orang lainnya. Tetapi juga tidak sedikit yang memilih linux. Sementara untuk penginstalan aplikasinyga memang berbeda dari biasanya. Cara install aplikasi di linux memiliki beberapa perbedaan dari windows.


Linux merupakan sistem operasi yang proses penginstalan aplikasinya terbilang susah. Sebab, anda harus menggunakan command di terminal. Simak langkah dibawah ini dengan seksama agar proses penginstalan bisa berjalan lancar.

Cara Install Aplikasi di Linux Menggunakan Terminal

Anda tidak akan merasa susah untuk menggunakan sistem operasi Linux. Pada dasarnya windows dan linux memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Jika anda menggunakan linux, berikut merupakan langkah – langkah yang bisa anda lakukan.

1. Buka terminal pada laptop anda. Caranya, tekan CTRL+ALT+T. Setelah itu anda bisa log ini sebagai root. Ketika sudo su pada keyboard anda dan masukkan password root anda kemudian tekan enter.


2. Ketikkan apt-get update untuk melakukan update terlebih dahulu pada terminal. Tapi yang perlu anda ketahui, untuk melakukan tindakan atau memberi command di terminal, anda harus selalu login sebagai root.
3. Setelah selesai, ketikkan command yang sudah menjadi ketentuan untuk menginstall software.
4. Pastikan anda terhubung dengan internet. Ketik apt-get install (diikuti nama softwware). Jika anda akan menginstall pinta, ketikkan apt-get install pinta.
5. Nantinya akan muncul pertanyaan dimana anda bisa mengkonfirmasi tidakan yang anda lakukan. Tekan tombol y lalu enter.
6. Jika langkah diatas telah anda lakukan dengan seksama, tunggu sampai prosesnya selesai. Untuk proses cepat atau lambatnya tergantung pada ukuran software yang nantinya anda install dan tentu saja bergantung pula pada kecepatan internet anda.


Cara Install Aplikasi di Linux Menggunakan Setup Software


Cara kedua kali ini anda harus memastikan sudah memiliki setup dari software. Untuk Ubuntu dan Kali Linux biasanya memiliki ekstensi .deb. Perhatikan dengan baik agar anda bisa proses penginstalan berjalan dengan lancar.
  1. Buka terminal dan log ini sebagai root.
  2. Pindah ke direkotori tempat dimana anda menyimpan setup software yang akan diinstall.
  3. Ketik cd dan diikuti nama diektori. Tekan enter pada keyboard dan ketik Is kemudian enter.
  4. Masukkan perintah dpkg –i namafilesetup.deb.
  5. Tunggu proses instalasi berjalan hingga selesai.
  6. Ingat bahwa pada beberapa jenis linux, misalnya ubuntu sebenarnya bisa anda lakukan instalasi software tanpa melalui terminal. Caranya mirip dengan windows meski tidak semuanya.

Cara Install Aplikasi di Linux Debian


Debian bisa dibilang adalah salah satu distro Linux yang terkenal karena kestabilannya. Anda akan diberi pilihan untuk menggunakan sumber perangkat lunak yang akan kita instal di Debian. Selain digunakan di komputer pribadi (Laptop atau komputer desktop), distro Linux ini juga banyak digunakan sebagai server. Cara instal aplikasi di linux debian seperti berikut :
  1. Buka Synaptic Package Manager melalui Menu kemudian Administrasi dan pilih Synaptic. Masukkan password root.
  2. Klik tombol “Search” dan ketik nama aplikasi yang akan anda install.
  3. Klik kanan pada paket aplikasi dan pilih mark for installation. Lakukan pada satu atau beberapa aplikasi sesuai keinginan anda.
  4. Pilih apply untuk instal aplikasi.
  5. Tunggu hingga proses install selesai. Sebaiknya anda tidak membuka aplikasi lain sebagai root agar prosesnya bisa berjalan dengan baik.

Cara install aplikasi di linux memiliki beberapa pilihan. Anda bisa menjalankan beberapa langkah yang tersedia secara seksama. Jika anda temui kendala, ulangi dengan memastikan satu per satu langkah telah anda ikuti dengan baik.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to " Cara Install Software atau Aplikasi di OS Linux"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^