Gak Punya Waktu ke Gym? Ini 5 Ide Olahraga Gratis Tanpa Harus ke Gym

Baca Juga:

Tujuan utama dari nge-gym tentunya agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Namun, belakangan ini aktivitas ngengym tidak hanya diisi dengan olahraga dan kegiatan membentuk otot tubuh lainnya. Nge-gym sudah menjadi aktivitas baru untuk tempat berkumpul bersama kolega bahkan untuk kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan gym.

Jika anda pergi ke gym memang untuk nge-gym, maka anda bisa memilih olahraga lain yang lebih murah. Untuk bisa nge-gym, anda harus mengeluarkan uang, dan jumlahnya bisa dibilang tidak sedikit. Tiap bulan, anda bisa keluar dana minimal 300 ribu rupiah untuk bisa menggunakan berbagai fasilitas yang ada di gym.

Jumlah uang tersebut tentu tidak sedikit, apalagi jika anda diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran atau biaya yang lain, tentu akan menguras kantong anda. Bagi anda yang keberatan dengan keharusan membayar biaya bulanan di gym, anda bisa mencoba untuk nge-gym di rumah.


Berikut ini 5 ide olahraga sederhana yang hasilnya bisa setara denga nge-gym.

1. Jogging

Orang yang ingin melakukan cardio, biasanya akan menggunakan alat treadmill di gym. Latihan dengan treadmill apabila dilakukan dalam waktu 30 menit, rata-rata kalori yang terbakar sebanyak 300 kalori.

Sebagai ganti alat treadmill, anda bisa menggantinya dengan melakukan jogging keliling kompleks. Hanya saja, sulit untuk mengukur jumlah kalori yang terbakar setelah anda melakukan joging. Namun, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan aktivitas ini.

2. Dumbel

Dumbel yang ada di gym biasanya memiliki berat yang bervariasi, mulai dari 2 kg hingga 22 kg. Orang yang menggunakan dumbel biasanya ingin membentuk otot tubuhnya, khusunya bagian tangan dan lengan.

Anda bisa membentuk otot lengan sendiri di rumah dengan membeli dumbel dalam bentuk satuan yang tentunya bisa anda pakai sendiri tanpa harus gantian dengan orang lain. Untuk cara latihannya, anda bisa mendapatkan banyak referensi dari youtube atau sumber online lainnya. Latihan dumbel yang baik bisa membakar lemak hingga 145 kalori dalam 20 menit.

3. Lompat tali

Gerakan lompat tali meskipun terlihat sederhana, dengan hanya 2 menit anda bisa membakar 111 kalori. Anda cukup membeli alatnya di toko olahraga dan anda bisa menggunakannya kapan saja di rumah tanpa perlu pergi ke gym.

4. Naik turun tangga

Aktivitas naik turun tangga, meskipun terlihat sederhana ternyata efektif dalam membakar hingga 500 kalori jika dilakukan selama 30 menit. Anda hanya perlu memanfaatkan tangga yang menghubungkan lantai bawah dan lantai atas rumah untuk bisa mendapatkan badan yang fit dan bugar. Jika anda bekerja atau tinggal di tempat yang punya lantai 2 atau lebih, manfaatkan olah raga gratis ini ya..

5. Bersih-bersih rumah


Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang bugar, aktivitas bersih-bersih rumah bisa menjadi salah satu pilihan. Kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu dan membersihkan ruangan bisa membakar hingga 123 kalori. Selain rumah anda menjadi bersih, anda juga akan mendapatkan tubuh sehat dan fit tanpa harus keluar uang untuk biaya nge-gym. Bersih-bersih rumah ini selain efektif dijadikan olah raga juga baik untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Nah, ternyata, aktivitas fisik itu tidak perlu harus mengeluarkan biaya untuk mencapai tubuh yang bugar dan sehat. Kita bisa melakukan beberapa kegiatan seperti diatas yang ternyata selain gratis juga bisa dijadikan bagian dari aktivitas fisik yang menyehatkan.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Gak Punya Waktu ke Gym? Ini 5 Ide Olahraga Gratis Tanpa Harus ke Gym"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^