Lidah Terbakar Karena Makanan Panas Bikin Gak Nyaman, Ini Dia Cara Atasinya!

Baca Juga:

Bisa jadi karena satu dan lain hal kita terburu menyantap atau meminum makanan dan minuman yang panas. Hasilnya, lidah terbakar, membuat santapan atau minuman apa saja menjadi tidak terasa, demikian ini karena kondisi permukaan lidah yang berubah menjadi kebas atau mati rasa. Hasilnya tentu saja makan atau minum jadi tidak senikmat biasanya.


Bila mengalami kondisi demikian tak perlu panik. Soalnya ada cara mudah untuk mengembalikan indra perasa kita normal lagi seperti sediakala dalam waktu yang relatif cepat dengan cara-cara mudah berikut ini.

1. Olesi Dengan Madu

Madu adalah bahan alami yang sudah kesohor untuk mengatasi luka bakar. Caranya cukup olesi bagian yang terbakar dengan madu, lakukan kira-kira 2-3 hari atau sampai benar-benar sembuh. Selain mudah didapat, mengoleskan madu pada bagian lidah yang kena luka bakar juga tak terlalu menyiksa, mengingat rasanya yang enak.

2. Kumur Air Garam

Sesaat setelah terkena sengatan panas pada lidah karena makanan atau minuman yang terlalu panas, berkumur dengan air garam ditengarai bisa bantu mengurangi rasa kebas. Cukup kumur selama 30 detik, lakukan hingga terasa normal kembali.

3. Atasi Dengan Yoghurt Dingin


Nutrisi alami pada yoghurt efektif juga untuk atasi rasa kebas atau mati rasa karena lidah yang terbakar. Pada kondisi ini Yoghurt bisa jadi solusi saat kondisi yoghurt dingin biarkan dulu di rongga mulut jangan cepat ditelan, kulum sebentar. Lakukan antara 1-2 menit, ulangi hingga rasa kebas tak lagi terlalu terasa.

4. Lidah Buaya

Gel pada bagian daging lidah buaya mengandung bahan aktif yang mampu kurangi peradangan. Kupas lidah buaya segar, ambil gelnya lalu oleskan pada bagian lidah terbakar, mudah buak caranya?

Mengobati rasa terbakar pada lidah tidak perlu panik. Gunakan saja cara alami seperti diatas. Hindari penggunaan secara ekstrim karena dapat menyebabkan ras kebas tak kunjung hilang atau malah timbul nyeri lanjutan. Selain alami cara ini juga bisa diterapkan untuk bagian tubuh lainnya yang terkena sengatan panas seperti pada bagian jari atau kaki.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Lidah Terbakar Karena Makanan Panas Bikin Gak Nyaman, Ini Dia Cara Atasinya!"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^