Penting, Jika Akun (Bank, Sosmed, Email) Anda di Bajak, Ini yang Mesti Anda Lakukan

Baca Juga:

Jaman teknologi digital yang serba canggih ini, memiliki akun di media sosial, email dan akses layanan dunia maya lainnya merupakan kenisacayaan. Salah satu resiko kejahatan dunia maya adalah manakala akun kita dibajak. Jika ini terjadi pada Anda, berikut ini yang haurs dilakukan:


1. Ubah kata sandi anda


Jika anda tidak bisa masuk ke akun anda, dari pihak provider biasanya menyediakan layanan pemulihan password untuk bisa masuk. Coba anda lakukan ini. Setelah Anda dapat log in dan dapat mengakses akun Anda namun mengetahui aktivitas mencurigakan - ubah kata sandi Anda untuk melakukan booting pada pengunjung yang tidak diinginkan. 

Kode baru harus benar-benar baru; Jangan mendaur ulang kata sandi sebelumnya atau gunakan kembali string dan huruf yang sama yang membuka akun lain. Jika Anda telah menggunakan kata sandi lama itu untuk mengakses beberapa akun, Ubah kata sandi di akun Anda yang lain juga.

Berbicara tentang akun lain, apakah kartu kredit, rekening bank, atau program keuangan lainnya yang terhubung dengan layanan online dalam kasus ini, tinjau kembali sistem keamanan Anda. Jika peretas Anda mengincar uang Anda, Anda harus segera menghubungi bank Anda secara langsung dan tanyakan bagaimana melakukan proteksi dana atau pengembalian dana anda. 

Saat Anda melihat adanya penyimpangan keuangan, periksa juga akun Anda untuk mengetahui apakah peretas menambahkan metode pembayaran atau alamat pengiriman yang tidak dikenal.

2. Jalankan pemeriksaan keamanan

Setelah pulih dari usaha hacking, Anda pasti ingin melindungi dari kemungkinan hacking di masa depan. Jadi aktifkan fitur keamanan yang dirancang untuk mencegah serangan hacker ini. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti panduan untuk melindungi akun online Anda. 

Salah satu langkah yang paling membantu adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah, di mana log in memerlukan kode yang dikirim ke telepon Anda, di atas nama pengguna dan kata sandi standar. 

Beberapa provider biasanya menawarkan fitur keamanan mereka sendiri: Facebook, misalnya, memungkinkan Anda menambahkan daftar teman terpercaya yang dapat memverifikasi identitas Anda jika Anda mendapatkan hack lagi. Aktifkan pilihan ini melalui halaman Security di Settings.

Selanjutnya, coba cari tahu bagaimana si hacker berhasil mengakses akun Anda sehingga Anda bisa mencegah serangan di masa depan. Tidak ada salahnya menjalankan pemindaian virus dan malware menyeluruh dari hard drive Anda. 

Sebelum memulai, perbarui baik sistem operasi dan paket antivirus pilihan Anda. Setelah Anda menjalankan review, dapatkan opini kedua dari pemindai yang lainnya seperti Kaspersky Virus Scanner untuk macOS atau Microsoft Safety Scanner for Windows.

Jika hacker terkait dengan layanan yang mencakup email, seperti akun Google Anda, periksa akun email untuk pesan terkirim atau untuk filter baru. Misalnya, hacker pintar dapat menyiapkan filter yang meneruskan semua surat masuk ke alamat yang tidak Anda kenal. 

Hapus filter semacam itu untuk mencegah orang-orang dari worming kembali ke akun Anda di masa mendatang. Ini sangat penting karena Anda dapat mengatur ulang banyak kata sandi akun lainnya, dan menerima pemberitahuan tentang aktivitas yang mencurigakan, melalui email. Anda tidak ingin penyadap mengupas pesan pemulihan tersebut bukan?

Sebenarnya, meski hanya satu akun yang menjadi terganggu, Anda harus mempertimbangkan semua layanan utama Anda yang di hack. Lakukan audit keamanan menyeluruh terhadap semuanya, kerjakan semua langkah yang telah disebutkan di atas. 

Untuk detail lebih lanjut tentang memperkuat keamanan layanan individual, lihat panduan untuk mengunci akun Google, Apple, Microsoft dan Facebook Anda di menu help desk.

Misalnya, jika Anda tidak dapat masuk ke akun Facebook atau Twitter di komputer Anda, coba masuk ke perangkat lain untuk mengetahui apakah Anda benar-benar kehilangan akses Anda. Juga pastikan untuk memeriksa ulang kata sandi yang Anda ketik sebelum Anda mulai mencurigai yang terburuk.

Tanda peringatan lainnya bisa datang dalam bentuk email. Banyak layanan akan mengirimi Anda pesan tentang aktivitas yang mencurigakan, seperti saat seseorang masuk ke akun Anda dari komputer yang tidak dikenal (atau negara asing), atau saat seseorang mengubah nama pengguna atau kata sandi Anda. 

Pastikan untuk memeriksa inbox Anda untuk email seperti ini. Juga awasi pesan dari teman: Jika "Anda" sudah mulai mengiriminya spam, mereka dapat memberi tahu Anda bahwa akun Anda telah disusupi.

Setelah Anda menyadari bahwa Anda telah diretas, saatnya berusaha untuk memulihkan akun tersebut.

3. Nyalakan sistem pengamanan internal

Kabar baiknya adalah Anda bisa meminta bantuan: Google, Apple, Microsoft, dan raksasa teknologi lainnya proteksi dari penipu yang ingin mengambil alih identitas online Anda, jadi mereka akan mencoba yang terbaik untuk memulihkan akses Anda. 

Misalnya, dalam beberapa kasus di mana Anda tidak dapat membuka akun Anda, maka perusahaan bisa merasakan aktivitas mencurigakan dan secara otomatis mengunci semua orang.

Jadi saat Anda mencurigai hack, langkah pertama Anda adalah memberi tahu perusahaan provider . Penelusuran web cepat, seperti "Laporkan Gmail hack", bisa mengungkapkan tempat yang tepat untuk menjelaskan masalah Anda. 

Sebelum Anda mulai memasukkan informasi, pastikan halaman yang Anda kunjungi adalah halaman pemulihan resmi. Periksa URL untuk memastikan halaman di-host di domain web yang benar, seperti google.com atau apple.com, untuk layanan yang ingin Anda akses.

Setelah melaporkan masalah Anda, ikuti petunjuk yang diberikan aplikasi atau layanan - ini akan disesuaikan secara khusus untuk akun Anda. Program yang berbeda menggunakan metode pemulihan yang berbeda.

Jadi Anda mungkin harus mengkonfirmasi nomor telepon atau alamat email cadangan Anda, atau menjawab pertanyaan pribadi - seperti beberapa pertanyaan tentang teman Facebook Anda - untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik akun sebenarnya.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Penting, Jika Akun (Bank, Sosmed, Email) Anda di Bajak, Ini yang Mesti Anda Lakukan"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^