Cara Ampuh Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends di Android

Baca Juga:


Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends - Coba sebutkan game online apa saja yang sedang marak digandrungi saat ini? Penulis yakin diantara daftar game yang kamu sebutkan, pasti salah satunya terdapat game Mobile Legends. Iya ,kan? Hehe.

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends

Yup, Mobile Legends sendiri merupakan game yang bertema multiplayer online battle arena atau disingkat MOBA. Bisa dibilang tahun ini adalah tahunnya game Mobile Legends. Menurut penulis sendiri.

Game ini sudah berhak menyandang predikat sebagai game battle terbaik karena berhasil menyedot banyak sekali pusat perhatian para pecinta gamers di Android untuk memainkannya. Saking serunya game ini, orang yang bermain Mobile Legends bisa sampai berjam-jam alias lupa waktu, karena memang benar-benar menantang.

Seiring berjalannya waktu, game Mobile Legends terus melakukan update guna menguatkan penggemarnya untuk terus menggilai game ini. Seperti pembaruan pada sistem hero, event dan lain sebagainya.

Terjun bermain ke dalam dunia di dalam game Mobile Legends memang menyenangkan, tapi bukan berarti terbebas dari berbagai kendala. Selain kamu harus pintar memikirkan strategi untuk memenangkan pertandingan. 

Hal lain yang dapat membuat kamu kalah adalah, saat di mana tiba-tiba smartphone Android kamu nge-lag ketika memainkannya. Kesel banget, kan? Rasanya pasti ingin langsung teriak dan banting HP sejauh mungkin!

Sabar dulu. Coba tarik nafas dan tenangkan kembali pikiran kamu. Di kesempatan yang lain, kamu tidak akan lagi kalah dalam pertandingan gara-gara Android kamu nge-lag setelah menggunakan tips yang akan kamu baca pada artikel ini.

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends

1. Pastikan Jaringan Koneksi Internet Stabil


Hal penting yang harus kamu lakukan agar tidak mengalami nge-lag saat bermain Mobile Legends adalah memastikan bahwa kamu sudah memiliki atau berada di area yang mempunyai koneksi jaringan yang baik atau stabil. 

Karena pengalaman kamu saat memainkan game ini akan ditentukan oleh koneksi jaringan yang kamu punya. Koneksi jaringan yang buruk akan mengakibatkan lag dan mengganggu pertandingan kamu.

Gunakanlah sebaiknya jaringan 4G LTE atau WiFi. Jika smartphone Android yang kamu punya masih dibekali hanya sampai 3G saja, jangan khawatir kamu masih tetap dapat bermain game Mobile Legends tanpa lag dengan mengikuti tips-tips lainnya di bawah ini.

2. Jangan Main ML Sambil Charge HP


Bukan hanya membuat Android kamu lag, saat bemain game Mobile Legendss, tapi memainkan aplikasi apapun saat sedang mengisi baterai tidak baik untuk dilakukan. 

Kenapa? Karena lambat laun akan membuat baterai Android yang kamu punya mengalami kerusakan. Seperti kebocoran (mudah sekali lowbat Padahal baru saja penuh baterainya) dan lain-lain.

Memainkan game Mobile Legends sambil charge HP akan membuat HP kamu ekstra bekerja keras Hal ini karena terjadi dua fungsi. Pertama adalah bekerja untuk mengisi daya baterai. Kedua bekerja untuk bermain game dengan menggunakan jaringan yang pada dasarnya mengurangi daya baterai

Nah, dua fungsi yang saling berseberangan inilah yang membuat Android kamu ngelag saat bermain game Mobile Legends. So, jadi bermainlah saat kondisi baterai masih dalam kapasitas penuh guna menghindari lag.

3. Hentikan Sementara Aplikasi yang Sedang Berjalan

Bagi kamu yang belum mempunyai smartphone Android dengan spesifikasi dewa, maka wajib bagi kamu untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di background. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, maka semakin parah lag yang kamu rasakan. 

Apalagi jika aplikasi yang berjalan dibackground tersebut terbilang membutuhkan jaringan setiap saat untuk mengecek setiap notifikasi yang masuk. Seperti aplikasi chatting Whatsapp dan lain-lain.

Kalau kamu ingin fokus dan ingin tanpa mengalami lag saat bermain Mobile Legends. maka penulis sarankan hanya game Mobile Legends dan satu aplikasi lain yang kamu inginkan saja untuk berjalan di background.

Bagaimana cara menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dibackground? Caranya mudah. Masuk saja ke pengaturan à manajer aplikasi à pilihlah aplikasi-aplikasi yang akan kamu berhentikan à kemudian pilih paksa berhenti.

Dengan demikian RAM smartphone Android kamu tidak akan sesak untuk bernafas lagi.

4. Ubah Kualitas Grafik Menjadi Low 

Game Mobile Legends memberikan 3 grafik yang dapat kamu pilih dan disesuaikan dengan pengalaman terbaik seperti apa yang kamu inginkan saat bermain game. 

Semakin tinggi grafik yang kamu gunakan, maka semakin menakjubkan tampilan grafik yang ditawarkan untuk memanjakan mata saat kamu berada di area pertandingan game ini.

Namun kelemahannya adalah jika jaringan yang kamu punya tidak stabil atau smartphone Android kamu tidak termasuk yang mempunyai RAM tinggi, maka lag parah akan kamu rasakan. Untuk menghilangkan lag tersebut, gunakanlah langkah-langkah Ini.

Pertama, masuk ke setting.


Kedua, setelah menemukan menu grafik, maka ubahlah settingannya ke low.


Biasanya jika tidak kamu ubah di default setingan grafiknya akan berada di mid atau sedang.

5. Aktifkan Speed Mode

Tips berikutnya untuk cara mengatasi lag saat bermain game Mobile Legends adalah dengan menggunakan fitur Speed Mode. Fitur Speed Mode ini adalah fitur bawaan yang ada di game Mobile Legends. 

Fungsinya untuk mempercepat kinerja saat bermain game sehingga membuat ping jauh lebih stabil dan pemain menjadi tidak terganggu oleh perpindahan ping yang biasanya terjadi.

Cara mengaktifkan fitur Speed Mode adalah masuk ke pengaturan > pada bagian menu basic Lalu silakan scroll ke bawah sampai menemukan Network Setting dan ubahlah off menjadi on.


Setelah yakin pilih okay


Demikianlah artikel mengenai cara untuk mengatasi lag saat bermain Mobile Legends di Android, semoga dengan mengikuti langkah cara mengatasi lag saat main ML diatas, kamu tidak lagi mengalami lag saat sedang bermain Mobile Legends, sekian dan terima kasih ^^

Artikel Terkait:

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends di Android"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^