Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD di Android

Baca Juga:

Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD - Jika kamu nyasar sampai akhirnya bertemu dengan artikel ini, karena sedang jalan-jalan di Google, ataupun karena sedang mencari cara merekam live streaming di Android, berarti kamu sedang membaca artikel yang sangat tepat.

Bukan lagi hal yang baru, dan bukan lagi hal yang menjadi rahasia, bahwa kita bisa merekam segala aktivitas yang dilakukan pada smartphone Android dengan beberapa langkah yang sangat mudah. Jika kamu mengetikkan kata kunci pada Mbah Google “cara merekam live streaming di Android”, maka akan banyak sekali aplikasi juga tutorial mengenai bagaimana cara melakukannya.

Namun, berdasarkan pengalaman pribadi penulis, dan yakin kalian yang sedang membaca artikel ini juga pernah merasakannya, bahwa tidak semua aplikasi yang dapat merekam live streaming di Android memberikan hasil sesuai dengan ekspektasi yang kita inginkan.

Alih-alih mendapatkan hasil yang berkualitas, eh, yang ada malah mengecewakan. Seperti saat merekam, smartphone Android kamu nge-lag, panas, restart sendiri, video yang telah direkam pecah-pecah, gambarnya kurang tajam, audio buruk, dan berbagai output yang mengecewakan lainnya.

Dijamin pasti gedek banget kalau sudah seperti ini! Biasanya hal yang lebih parah dapat terjadi pada pengguna smartphone Android yang memiliki RAM pas-pasan.

Dibawah ini penulis akan memberikan tips bagaimana Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD di Android tanpa harus merasakan banyak kejadian pahit seperti di atas, dan output video yang dihasilkan bisa benar-benar bikin kamu tersenyum. Cara ini juga sangat recommended banget buat kamu yang masih memiliki smartphone Android dengan RAM 512 MB.

REKAM ACARA FAVORIT KAMU DENGAN APLIKASI SCR PRO!


Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD

Dari sekian banyak aplikasi untuk merekam live streaming di Android, penulis sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan aplikasi SCR Pro. Aplikasi dengan ukuran yang kecil ini, SCR PRO dapat memberikan kamu pengalaman memuaskan, saat melakukan aktivitas apapun di Android. Termasuk live streaming. Namun, aplikasi SCR Pro ini juga tak luput dari kekurangan.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan jika smartphone Android kamu sudah dalam keadaan status root. untuk artikel cara root android, silahkan lihat selengkapnya [disini]

Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD di Android

Pertama, download aplikasi SCR Pro. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di Google. atau langsung download [disini] Perhatikan nama aplikasinya. Ada kata “Pro” di situ. Biasanya aplikasi dengan embel-embel belakang ada nama “Pro” akan memberikan banyak fitur dibanding versi biasa dan tentu saja bebas iklan. Jadi kesimpulannya aplikasi ini kaya fitur dan bebas iklan hehe.

Kedua, setelah berhasil terinstal, maka tampilan awal aplikasi SCR Pro adalah seperti di bawah ini.


Simple banget, kan?

Ketiga, Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Selanjutnya adalah kamu klik simbol roda bergigi untuk mulai melakukan pengaturan yang akan berpengaruh pada output video.


Pada pengaturan video, kamu dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Semisalnya resolusi video. Revolusi video yang terdapat di SCR Pro ini banyak seperti gambar dibawah ini


Encoder yang dapat kamu pilih ada H264, software MPEG-4 dan MPEG4-SP.


Kecepatan video juga dapat kamu tentukan pada opsi time lapse. Pilih x 1 – no time lapse apabila kamu ingin kecepatan videonya normal.


Keempat, beralih ke audio, Coba klik source. Hasilnya akan muncul jendela pop up yang keluar seperti ini


Mute: tanpa suara

Microphone: untuk merekam menggunakan mikrofon yang tersemat di smartphone. Jika kamu memilih ini, apa saja yang kamu katakan ketika merekam, otomatis juga akan ikut terekam

Internal: Nah, kalau yang ini cocok kamu pilih jika ingin merekam live streaming favorit kamu. Apa yang kamu katakan ketika merekam, tidak akan terekam. Yang akan terekam hanyalah suara internal dari smartphone Android kamu saja. Jadi tidak akan terganggu dengan suara-suara yang ada di sekitar.

Internal+Mic: Kalau yang ini lengkap. Suara internal dan mikrofon akan sama-sama terekam.

Sampling rate-nya ada 12 khz, 16 khz, 21 khz, 48khz. Suara audio akan sangat bagus jika kamu memilih 48khz.


Kelima, Pada bagian older, penulis tidak akan membahas semuanya. Hanya bagian-bagian pentingnya saja, seperti output directory untuk menyimpan hasil rekaman kamu. Jika kamu tidak melakukan perubahan pada bagian ini, maka secara default hasil rekaman kamu akan tersimpan di kartu memori pada folder Screen Recorder.

Jika kamu tidak ingin ribet bagaimana caranya agar aplikasi berhenti merekam, maka centang pada stop on screen off. Jadi, ketika kamu melakukan double tap pada layar, atau dengan menekan tombol power supaya layar smartphone kamu terkunci, secara otomatis rekaman pun akan berhenti dan video akan juga ikut tersimpan.


Keenam, Setelah melakukan pengaturan sesuai dengan yang kita butuhkan, maka kamu sudah dapat mulai merekam live streaming acara atau video favorit kamu.

Untuk memulai rekaman, klik simbol


maka otomatis aplikasi SCR Pro akan mulai merekam aktivitas apapun yang kamu lakukan di Android.

Sebagai catatan, jika kamu ingin merekam live streaming ataupun video di YouTube. Aplikas SCR Pro harus sudah start sebelum kamu memutar live streaming. Karena jika kamu memutar live streaming terlebih dahulu baru menekan tombol start pada SCR Pro, maka aplikasi ini tidak akan bekerja.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu ingat, bahwa semakin tinggi kualitas video yang kamu pilih di pengaturan, maka hasil rekaman pun akan semakin bagus dan ukurannya akan semakin besar. Jadi sesuaikan saja jangan kapasitas penyimpanan yang kamu punya.

Dan Terakhir, kamu tidak perlu khawatir ada batasan waktu untuk merekam, karena aplikasi ini dapat merekam semau kamu.
Baca Juga: Beberapa Tips Sebelum Melakukan Root Pada Android
Akhir kata, demikianlah artikel mengenai Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD di Android dan selamat mencoba semoga berhasil.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Cara Merekam Layar Smartphone Berkualitas HD di Android"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^