Kebanyakan Makan Sate Bisa Memicu Kanker, Kok Bisa?

Baca Juga:

Sate merupakan makanan kegemaran sebagian besar masyarakat yang sebenarnya tidak sehat untuk dikonsumsi berlebihan walaupun rasanay nikmat sekali. Salah satu bagian tidak sehat dari sate adalah bekas bakaran yang biasanya gosong dibagian pinggir dagingnya. Apakah anda suka memakan bagian yang gosong dari suatu makanan seperti misalnya sate atau daging bakar lainnya?

Jika iya maka anda sebaiknya mulai menguranginya sekarang juga karena menurut hasil penelitian daging yang dibakar mengandung bahan kimia heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic hydrocarbons (PAHs) yang bisa menyebabkan perubahan atau mutasi pada DNA yang berujung pada meningkatnya resiko terkena kanker.


Menurut sebuah riset yang dilakukan pada beberapa ekor tikus, pada percobaan tikus sehat diberikan makanan yang mengandung HCAs dan PAHs dalam jangka waktu tertentu secara kontinyu. Hasilnya setelah diperiksa tikus yang diberikan HCAs mengidap kanker prostat, payudara dan usus sedangkan tikus yang diberikan PHAs menderita kanker darah, tumor dan kanker paru.

Hasil ini didapat dengan memberikan dosis yang tinggi pada setiap percobaan dan untuk percobaannya pada manusia belum dapat dilakukan karena HCAs dan PAHs memiliki pengaruh yang berbeda-beda pada manusia.

HCAs dan PAHs terbentuk karena daging yang dibakar bersentuhan secara langsung dengan api dan mengubah bentuk asam amino, glukosa, kreatin dan lemak. Hal ini berlaku untuk semua jenis daging baik itu daging ayam, kambing maupun sapi.

Lantas apakah kita tidak boleh menkonsumsi makanan yang dibakar? Jawabannya tentu saja boleh karena HCAs dan PAHs akan otomatis terbentuk jika daging terkena panas, hanya saja tidak dalam jumlah besar yang belum membahayakan.

Hal yang perlu diwaspadai adalah pada bagian daging yang gosong jangan terlalu banyak dimakan karena terbentuk banyak PAHs dan CAHs disana.

Lalu bagaimana jika ingin menkomsumsi makanan yang dibakar? Caranya adalah:

  • Pastikan daging selalu dibolak-balik saat dibakar
  • Hindari permukaan daging bersentuhan langsung dengan api
  • Buang bagian yang gosong.

Jadi, jika anda hobi makan sate, tak ada salahnya untuk mengamati proses pembakaran dan juga mengurangi porsinya agar terhindar dari resiko ini.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Kebanyakan Makan Sate Bisa Memicu Kanker, Kok Bisa?"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^