Pentingnya Asuransi Kesehatan dan Cara Hemat Memilih yang Tepat

Baca Juga:

Salah satu produk asuransi yang paling krusial namun sering diabaikan orang adalah asuransi kesehatan. Orang baru sadar setelah dalam kondisi sakit dan biaya seolah tak ada habisnya yang bahkan memaksa penderita harus merelakan menjual aset yang dikumpulkannya bertahun-tahun hanya dalam waktu singkat yaitu saat dia sakit.


Ada kisah unik akan kekhawatiran Bill Gates tentang biaya pengobatan ini. Bahkan saat orang sakitpun, komputer yang notabene perangkat pendukung produk Microsoft buatan Bill Gatespun bisa terjual untuk menutup biaya pengobatan.

Nah, pertanyaanya kapan dan bagaimana cara memilih produk asuransi kesehatan yang baik? Apakah produk BPJS Kesehatan saat ini sudah mencukupi tau perlu mengambil produk asuransi swasta?

Produk asuransi sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan Anda. Sifat BPJS Kesehatan adalah wajib sehingga anda paham plus minusnya. Jika anda merasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka produk asuransi swasta bisa jadi tambahan proteksi. Tentunya dengan mempertimbangkan berbaga hal berikut ini:

Ambil Produk Asuransi Kesehatan Sekarang Juga yaitu Saat Anda Sehat


Banyak orang menggunakan pola pikir terbalik dalam mengambil produk asuransi kesehatan. Banyak salah kaprah, baru ikut asuransi saat sudah sakit parah, apalagi jika sakitnya dipengaruhi oleh faktor usia atau riwayat penyakit menahun.

Ingat, maskapai asuransi hanya melindungi kesehatan anda saat polis mulai diambil. Jadi kalau anda ambil produk saat sudah sakit-sakitan, tentu saja riwayat sakit yang anda alami dan terjadi pada masa yang akan datang bisa jadi masuk dalam pengecualian yang tidak dilindungi oelh produk asuransi kesehatan anda. Jadi, saat sehat justru anda harus berikir akan sakit dan mengambil proteksi agar maksimal hasilnya.

Asuransi Kesehatan harus Dimulai Sejak Usia Muda, Makin Tua Makin Mahal Biayanya

Jangan terlambat ikut asuransi karena makin telat makin mahal biaya preminya artinya makin lanjut usia makin besar biaya pengobatan. Maskapai asuransi juga menggunakan prinsip seperti itu, semakin lama anda ikut program asuransi kesehatan maka semakin mahal juga premi yang harus anda bayarkan.

Untuk efisiensi, makin awal ikut asuransi anda akan lebih hemat dari sisi besarnya premi dibandingkan premi yang harus dibayarkan jika baru ikut pada usia 40 tahun. Secara fisik, kondisi tubuh mulai 40 tahun ke atas mulai rawan terhadap gangguan kesehatan seperti resiko kasdivaskuler akibat akumulasi gaya hidup dan daya tahan tubuh yang mulai melemah. Jika ingin berhemat dengan hasil maksimal, pastikan ambil produk asuransi kesehatan sekarang juga.

Pastikan Anda paham Mekanisme Klaim Rawat Inap

Mahalnya biaya rawat inap membuat maskapai asuransi membuat ketentuan yang sangat detil mengenai syarat dan kondisi yang harus dipenuhi. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Berapa lama rawat inap tersebut 
  • Kapan bisa melakukan klaimnya 
  • Minimal berapa jam di ruang UGD 

Pelajari dengan baik bagian ini agar Anda bisa menemukan rasa aman dan nyaman saat risiko penyakit datang.

Pahami Mekanis Double – Claim Jika Anda punya Proteksi Lebih dari 1 Asuransi

Ketentuan kwitansi klaim penting untuk dipahami saat ikut sistem doble klaim asuransi. Pastikan apakah maskapai asuransi anda bisa memberikan manfaat double claim dimana maskapai asuransi yang Anda miliki tersebut mau menerima kwitansi legasilir, karena tidak semua maskapai asuransi memiliki manfaat tersebut.

Sistem double claim ini sangat menguntungkan bagi peserta program asuransi agar setiap biaya yang timbul untuk perawatan kesehatan Anda semuanya bisa ditanggung oleh perusahaan-perusahaan asuransi yang Anda miliki polisnya.

Pilih Asuransi Murni agar Premi Murah dengan Hasil Maksimal


Saat ini produk asuransi sudah berkembang sangat variatif, mulai dari asuransi plus tabungan (biasanya dalam bentuk asuransi plus tabungan pendidikan) , sampai dengan asuransi yang memiliki manfaat tambahan sebagai investasi. Anda harus paham setiap karakteristk produk, khususnya asuransi yang sekaligus memiliki fitur investasi atau biasa dibseut unit link.

Anda harus jeli berhitung dan meyakinkan bahwa mempunyai asuransi kesehatan murni akan lebih murah preminya dibandingkan dengan asuransi unit link. Dan jika tujuannya sekaligus untuk investasi maka sebaiknya anda mengambil produk investasi terpisah. 

Namun sebenarnya jika dicermati beberapa produk, ada juga yang nilai preminya sama dengan asuransi unit link tapi manfaatnya lebih besar di asuransi kesehatan murni. Jadi kuncinya anda harus teliti membandingkan produk dari sisi biaya premi dan manfaat yang didapatkan.

Buat CekList, Produk Asuransi Kesehatan Apa yang Paling Cocok Buat Anda

Membeli asuransi idelanya adalah sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan juga jangan sampai terjebak produk murah namun mengabaikan kredibilitas Perusahaan Asuransi, anda akan repot nanti saat proses klaim. Jika tidak punya waktu atau takut salah ambil produk, tak ada salahnya anda menggunakan Jasa Pihak Ketiga seperti broker asuransi untuk berkonsultasi mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan.

Asuransi Kesehatan, Banyak Manfaatnya, Pahami Detil Produknya

Salah satu rencana keuangan jangka panjang yang harus dimiliki khususnya bagi keluarga baru adalah produk asuransi kesehatan. Mahalnya biaya medis seperti dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi saat terjadi resiko akan sangat terbantu dengan adanya asuransi. Jika sewaktu-waktu Anda jatuh sakit, maka perusahaan asuransilah yang akan menanggung biaya pengobatan, sesuai dengan kontrak atau kesepakatan.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

0 Response to "Pentingnya Asuransi Kesehatan dan Cara Hemat Memilih yang Tepat"

Post a Comment

> Like & Share Jika Bermanfaat
> Berkomentarlah Jika Ada Pertanyaan
> Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Bayar ^^