Cara Alami & Kimiawi Menghilangkan Bau Badan Akibat Cuaca atau Habis Olah Raga

Bau badan tidak bisa terelakkan jika kita memiliki segudang aktivitas apalagi jika terkena sinar matahari langsung. Terkadang malah pewangi dari parfum dan deodorant pun kurang bisa menutupinya. Celakanya parfum dan bau badan jika bercampur justru bisa membuat tubuh mual kalau menciumnya.

Padahal harga deodorant dan parfum yang bagus bisa jadi mahal harganya dan karena keduanya termasuk bahan kimia tentu saja ada efek sampingnya jika digunakan dalam jumlah banyak dan terus-menerus. Lalu bagaimana solusinya? Salah satu solusinya adalah Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami, ada beberapa bahan dan juga cara alami yang bagus untuk menghilangkan bau, 6 diantaranya yang paling praktis adalah berikut ini:

1. Jaga Diri Anda untuk Tetap Bersih

Mandi setidaknya sekali sehari dan Anda akan membasuh keringat sekaligus setiap habis melakukan aktivitas atau erkena sinar matahari bisa cukup efektif mengurangi jumlah bakteri pada kulit Anda. Keringat sendiri sebenarnya hampir tidak berbau. 

Tapi bila bakteri mikroskopik yang hidup alami di kulit Anda bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi cuci bersih-bersih, terutama daerah rawan berkeringat, bisa mengurangi bau badan.

Jika Anda berkeringat normal, Anda mungkin tidak banyak masalah dengan bau badan daripada orang yang berkeringat terlalu banyak. Itu karena, saat orang berkeringat berlebihan, keringat cenderung membasuh bakteri penyebab bau tersebut.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Pilih sabun mandi antibakteri. Mencuci secara menyeluruh dengan sabun antibakteri bisa mengurangi jumlah bakteri, sekaligus mengurangi bau. Carilah kata-kata “antibakteri” pada kemasan sabun.

3. Lap tubuh yang berkeringat dengan Handuk atau sehabis mandi dan pastikan kering semuanya

Setelah Anda mandi, pastikan Anda benar-benar kering. Gunakan handuk dan pastikan Anda mengeringkan area dimana Anda sering berkeringat. Jika kulit Anda kering, lebih sulit bagi bakteri yang menyebabkan bau badan berkembang biak di atasnya.

4. Jika perlu gunakan Deodoran atau Antiperspirant

Jika bau badan cepat muncul, tak ada salahnya setelah Anda bersih dan kering, anda menggunakan deodoran atau antiperspirant yang kuat pada ketiak Anda. Sebenarnya deodoran tidak mencegah keringat, mereka hanya menutupi bau bakteri pada kulit Anda. Antiperspirant mengandung aluminium chloride, zat kimia yang mengurangi keringat, dan seringkali juga mengandung deodoran.

Jika Anda merasa perlu bantuan lebih lanjut, mungkin Anda ingin bertanya kepada dokter tentang antiperspirant yang tepat. Gunakan seperlunya saja, oleskan deodoran atau antiperspirant dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

5. Jaga Lemari Anda selalu Bersih

Ganti pakaian langsung saat Anda berkeringat banyak. Baju segar membantu menjaga bau badan muncul. Pastikan mengganti kaus kaki Anda juga, terutama jika Anda cenderung memiliki bau kaki. Anda bisa menggunakan serbuk deodoran di sepatu, ganti solnya dengan yang bagus.

6. Kurangi makanan atau minuman yang memicu bau tak sedap

Apa yang Anda makan bisa mempengaruhi bau badan Anda. Makanan yang cenderung membuat Anda berkeringat lebih banyak, seperti sambal terasi, jengkol, atau makanan pedas lainnya, mungkin juga jadi penyebab bau badan. 

Dan aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa masuk dan menjadi bau dalam keringat, membuat tubuh Anda makin tidak enak. Minuman dengan kafein atau alkohol juga bisa menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak.

Selain cara diatas, ternyata di sekitar kita juga cukup banyak bahan alami yang bisa efektif mengurangi bau badan seperti berikut ini:

7. Air Mawar

Air mawar didapat dengan cara merendam bunga mawar dengan air secukupnya dalam waktu kira-kira 1 jam. Air rendaman ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan karena harumnya yang sangat wangi.

8. Air Cuka

Samarkan bau dengan air cuka, air cuka ternyata cukup efektif untuk bisa menyamarkan bau badan yang kurang enak. Caranya dengan mencampur air cuka dengan air biasa, lalu mengoleskannya kebagian ketiak. Cara ini akan efektif apabila dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

9. Air jeruk nipis

Sudah cukup dikenal bahwa jeruk merupakan bahan alami pembasmi bau badan, baik dalam bentuk pewangi ruangan maupn bahan alaminya. Aroma jeruk nipis yang kuat dan segar bisa membuat badan menjadi harum. Caranyua mudah, tingal membagi 2 jeruk nipis lalu peras. 

Perasannya tersebut nantinya akan digunakan pada bagian yang bau seperti misalnya ketiak. Tunggu sampai kering dan baru bilas.

Beberapa bahan alami diatas banyak terdapat di pasar tradisional maupun modern. Mencari bahan alami diatas tidak sulit bukan? Dengan menggunakan bahan alami selain bisa lebih aman juga bisa lebih murah karena bahan-bahannya mudah ditemukan dan tidak mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *