Cara Buka Rekening Bank Muamalat Beserta Syarat-Syaratnya

Cara Buka Rekening Bank Muamalat – Di Indonesia, bank yang menerapkan prinsip-prinsip Islam dan menggunakan hukum sesuai syariah Islam adalah bank Muamalat. Bank Muamalat melayani masyarakat yang akan menabung seperti halnya bank yang lain. Menabung termasuk bagian dari hidup hemat (Mujhid – Muzhid) yang juga digunakan untuk mempersiapkan jika nantinya ada kebutuhan yang tak terduga.

Cara Buka Rekening Bank Muamalat
Bank Muamalat merupakan bank umum pertama yang menerapkan prinsip syariah dalam sistem operasionalnya. Bank yang didirikan pada tahun 1991 ini diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia. Bank Muamalat beroperasi pada tahun 1992 dan didukung oleh cendekiawan muslim, pengusaha, serta masyarakat luas. Pada tahun 1994 bank Muamalat sudah menjadi bank devisa. Jenis tabungan bank Muamalat menggunakan prinsip titipan (wadiah) dan bagi hasil (mudharabah).

Dalam melayani nasabah yang akan menabung, bank Muamalat mempunyai salah satu jenis tabungan yang dapat digunakan semua orang, yaitu dengan mengikuti program Tabunganku bank Muamalat. Tabungan ini menggunakan mata uang Indonesia (Rupiah) yang bisa digunakan semua orang yang ingin menabung mulai dari usia 18 tahun ke atas.

Tabunganku bank Muamalat tidak mengenakan biaya administrasi saat melakukan pembukaan rekening bank Muamalat, alias gratis.

Syarat Membuka Rekening Bank Muamalat

Syarat untuk membuka rekening bank Muamalat adalah :

  • Cukup serahkan kartu identitas yang masih berlaku (KTP / SIM / Kartu Pelajar).
  • Setoran awal yang sangat sedikit, yakni minimal sebesar Rp.20.000,00.
  • Untuk pelajar yang akan membuka rekening bank Muamalat diwajibkan menyertakan data orangtua dan kartu keluarga (KK).

Prinsip yang digunakan saat membuka rekening bank Muamalat adalah dengan akad titipan (wadiah). Jika sudah memiliki rekening Tabunganku bank Muamalat, nasabah memiliki aturan harus melakukan transaksi setoran tabungan minimal sebesar Rp.20.000,00 setiap bulan. 

Jika aturan tersebut tidak dilakukan, maka rekening bank Muamalat dianggap tidak aktif dan akan dikenakan biaya Rp.2.000,00 per bulan. Anda bisa melakukan tarik tunai minimal Rp.100.000,00 dan jika ingin mengambil semua saldo, maka Anda harus menyisakan saldo minimum Rp.20.000,00. Dan jika ingin menutup rekening bank Muamalat, maka akan dikenakan biaya Rp.20.000,00.

Selain Tabunganku bank Muamalat, ada jenis tabungan yang lain, yakni Tabungan iB Muamalat. Tabungan iB Muamalat merupakan sebuah rekening tabungan pribadi untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat, mulai dari menabung, menerima kiriman uang, membeli tiket, belanja, dan masih banyak yang lainnya.

Nasabah bisa mengikuti program Muamalat Berbagi Rezeki yang memberikan banyak sekali keuntungan dengan mendapatkan hadiah, subsidi belanja dengan kartu debit bank Muamalat, dan subsidi transaksi electronik banking sepanjang tahun. 

Syarat Membuka Rekening Tabungan iB Muamalat

Cara membuka rekening Tabungan iB Muamalat sama saja dengan Tabunganku bank Muamalat, yakni : 
  • Membawa kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP / SIM / Paspor, dan NPWP. 
  • Namun setoran awalnya berbeda, yaitu sebesar Rp.100.000,00. 
  • Biaya administrasi pada Tabungan iB Muamalat yaitu Rp.12.500,00 untuk rekening aktif dan Rp.17.500,00 untuk rekening pasif.
Bank Muamalat akan menjamin keamanan uang yang Anda simpan. Nasabah bank Muamalat akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM yang akan memudahkan transaksi Anda. Kartu ATM bisa digunakan di seluruh jaringan ATM bersama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Demikian cara buka rekening bank Muamalat beserta syarat yang bisa kami sampaikan untuk Anda. semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Mari menabung.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *