Mengapa Penyakit Asimtomatik Berbahaya bagi Penderita dan Lingkungan?

Ada sekelompok penyakit yang disebut asimtomatik atau penyakit yang tidak menunjukkan gejala, Seseorang mungkin pembawa infeksi atau penyakit tapi tidak mengalami gejala yang nyata. Infeksi asimtomatik juga disebut sebagai infeksi subklinis, atau infeksi diam secara klinis.

Beberapa penyakit asimtomatik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda rentan terhadap penyakit lain. Sebenarnya, Anda harus menghadapi dua penyakit yaitu virus yang melemahkan kekebalan tubuh anda dan juga penyakit yang menyerang fungsi organ tubuh anda, selain penyakit itu sendiri.

Bila infeksi subklinis tidak diperhatikan oleh individu yang terinfeksi, selain berbahaya untuk diri sendiri juga berbahaya bagi orang lain, dan juga bagi orang-orang di sekitarnya. Orang yang terkena dampak penyakit ini justru bisa bertindak sebagai pembawa infeksi yang tidak sadar menyebarkannya ke orang lain.

Mengapa Penyakit Asimtomatik Berbahaya bagi Penderita dan Lingkungan?

Mengapa penyakit asimtomatik berbahaya? Pada dasarnya, jawabannya cukup jelas: bila Anda memiliki penyakit asimtomatik, Anda tidak tahu bahwa Anda memiliki kondisi medis yang perlu disembuhkan. Jika Anda tidak menjalani perawatan yang tepat, Anda mungkin mengalami masalah medis berikutnya.
Infeksi asimtomatik sangat berbahaya bagi kelompok orang tertentu, misalnya wanita hamil. Jika tidak diobati dengan benar, beberapa penyakit menular dapat menyebabkan gangguan bawaan, kelahiran prematur atau keguguran.

Banyak penyakit asimtomatik pada tahap awal: gejala mulai berkembang dan menjadi jelas dalam perjalanan waktu. Banyak penyakit serius (seperti beberapa bentuk kanker) tetap tanpa gejala untuk jangka waktu yang sangat lama: kadang-kadang gejalanya menampakkan diri saat sudah terlambat.

Satu-satunya cara untuk menemukan kondisi asimtomatik adalah menjalani tes kesehatan. Tapi ada satu masalah: ada banyak tes kesehatan, bagaimana Anda bisa tahu mana yang dibutuhkan dalam kasus Anda jika Anda bahkan tidak yakin bahwa Anda benar-benar memiliki penyakit?

Hal ini membawa kita pada kesimpulan bahwa setiap orang perlu menjalani pemeriksaan kesehatan penuh setidaknya setahun sekali. Tapi pemeriksaan semacam itu akan memakan banyak waktu dan uang. Selain itu, banyak prosedur yang sangat tidak menyenangkan baik dari sisi proses,biaya dan juga hasil diagnosanya. Jadi, gagasan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap banyak yang tidak diikuti orang.

Idealnya Cek Kesehetan setidaknya setahun sekali, untuk antisipasi penyakit tanpa gejala ini

Kemajuan teknologi di dunia kedokteran banyak memberi alternatif cek kesehatan ini sebagai bagian dari jalan keluar yang ditawarkan. Dilansir dari http://health-scan.co.uk, dengan Oberon Diagnostic Technology Anda dapat memeriksa tubuh secara penuh dalam waktu sekitar 40 menit. Prosedur ini sama sekali tidak menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan: sangat tidak menyakitkan, tidak invasif dan hemat biaya.

Pemeriksaan seluruh tubuh terdiri dari pemindaian semua organ dan sistem tubuh manusia. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi penyakit asimtomatik pada tahap awal. Dan jika ada kondisi medis yang ditemukan saat pemeriksaan seluruh tubuh, Anda tidak perlu menghadapinya sendiri: Konsultan Kesehatan kami akan menganalisis hasil pemeriksaan Anda, mendiskusikannya dengan Anda dan menyarankan program pemulihan dengan keadaan alami. suplemen dan diet sehat.

Kesehatan yang baik adalah harta yang nyata. Jaga kesehatan Anda dan keluarga Anda dengan melakukan pemeriksaan seluruh tubuh secara rutin setiap tahun dengan Health Scan.

Daftar Penyakit tanpa gejala yang perlu diwaspadai

Tubuh memiliki kekebalan sendiri dalam menghadapi penyakit. Namun menurut pakar, ternyata terdapat beberapa penyakit yang memang tidak menunjukkan gejala seperti penyakit pada umumnya.

Seseorang dengan Hepatitis C tidak menunjukkan gejala sedikitpun. Namun sayangnya penyakit ini berbahaya karena dapat berkembang menjadi kanker, sirosis bahkan hingga membawa kepada kematian. Selain itu penyakit yang dianggap remeh adalah diabetes. 

Banyak orang mengangap diabetes menjadi penyakit yang berbahaya ketika sudah menjumpai penyakit seperti buram mata, dan serangan jantung. Sayangnya sebagai penangkal dari penyakit ini adalah menjaga pola makan karena penyakit diabetes tidak memberikan gejala.

Kanker ternyata penyakit mematikan yang juga tidak disadari oleh penderitanya karena tidak menunjukan gejala. Kanker seperti kanker paru-paru dan usus adalah penyakit yang hanya bisa dirasakan dampaknya ketika penderita sudah memasuki kanker dalam stadium lanjut. 

Karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala, maka sangat disarankan untuk melakukan deteksi rutin agar dapat teratasi sejak dini.

Selain itu PMS atau Penyakit Menular seksual juga dapat menyerang tanpa disadari kehadirannya. Beberapa penyakit yang mungkin bersarang pada tubuh adalah kanker serviks, kanker dubur, kanker mulut, HIV, kanker penis dan kanker vagina.

Beberapa penyakit berbahaya diatas tidak menimbulkan gejala atau tanda bagi apra penderitanya sehingga kebanyakan pihak baru mengetahui jika terserang penyakit ketika penyakit sudah tergolong akut. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan tetap rutin melakukan cek up kondisi tubuh secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *